RSS

SDN Citeras 1 Luluh Lantak

05 Feb

ROBOHNYA DITERJANG ANGIN KENCANG

bangunan sdn citeras 1 ambruk
2 ruang kelas bangunan sdn citeras 1 ambruk minggu 5 februari 2012

MALANGBONG, (KP).-

Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Citeras, Desa Citeras, Kecamatan Malangbong, yang dikenal sebagai SD yang sarat prestasi, roboh diterjang angin disertai hujan pada Minggu (5/2) malam sekitar pukul 21.30. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang menghebohkan warga Malangbong itu, tetapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
Pada Senin (6/2) kemarin, kegiatan belajar-mengajar (KBM) di SDN 1 Citeras terpaksa diliburkan. Pihak sekolah dibantu UPTD Pendidikan dan pemerintahan setempat, sibuk melakukan pendataan dan pelaporan.
Menurut rencana, sambil menunggu gedung sekolah dibangun kembali, KBM terpaksa digelar di tenda sumbangan dari pihak Kodim Garut yang akan dipasang di halaman sekolah.
“Agar KBM tetap berlangsung, pihak sekolah terpaksa menggelar KBM di tenda yang dipasang di halaman sekolah. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim atas kepeduliannya,” ujar Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Malangbong, Muhaimin, S.Pd.
Dari pantauan “Kabar Priangan” di lapangan kemarin, hingga pukul 14.00 lokasi SDN 1 Citeras masih dipenuhi ratusan warga yang penasaran ingin menyaksikan peristiwa tersebut. Ruangan yang digunakan Kelas V dan VI tampak nyaris rata dengan tanah. Atapnya tampak berada di bawah menimpa bangku dan meja. Sejumlah dindingnya pun runtuh. Sementara itu, ruangan lainnya, yakni yang digunakan kelas IV dan Kelas III, tampak miring. “Mungkin terdorong oleh kedua ruangan yang roboh,” ujar Ketua Komite SDN 1 Citeras, Dede Muhtar.
Bupati Garut H. Aceng Fikri yang datang ke lokasi kejadian sekitar pukul 14.30,  menyatakan, ikut prihatin dengan kejadian itu. Ia pun berjanji akan mengusahakan pembangunan SDN 1 Citeras dalam waktu sesegera mungkin.
“SD ini harus sesegera mungkin dibangun kembali agar para siswa dan guru bisa melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara normal,” katanya kepada para wartawan di lokasi kejadian.

Sarat prestasi
Kepala SDN 1 Citeras, Rusmini, mengaku sangat terpukul dengan kejadian itu. “Kami tak bisa membayangkan jika bangunan itu roboh saat KBM berlangsung. Mungkin akan menelan banyak korban,” katanya.
Sebanyak 84 siswa kelas 4 dan 5 yang menempati ruangan itu terpaksa diungsikan ke gedung serba guna milik desa setempat agar kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak terganggu. Sementara, puluhan siswa lainnya terpaksa belajar di rumah salah seorang warga karena dua kelas lainnya juga  terancam ambruk.
Ketua Komite Sekolah, Dede Muhtar, menambahkan, gedung SDN 1 Citeras sudah lapuk dimakan usia. SD yang dibangun tahun 1956 itu, hanya satu kali mendapatkan kucuran dana untuk rehab ringan, yakni tahun 1982. “Tak heran jika kayu dan tembok bangunan di sana-sini sudah keropos,” jelas Dede.
Sementara itu, salah seorang guru, Iis, S.Pd menjelaskan, SDN 1 Citeras merupakan SD yang sarat dengan prestasi. Tahun 2011 menjadi juara umum dalam SPKS (Seleksi Prestasi Kreativitas Siswa) Tingkat Kecamatan Malangbong. “Sehingga sekolah ini menjadi wakil SD-SD yang ada di Kecamatan Malangbong untuk berlomba di tingkat Kabupaten.
SDN 1 Citeras, lanjut Iis, juara dalam Lomba Carpon, Cerita Bergambar, dan Calistung. “Dalam bidang olahraga pun juara atletik dan badminton. Mudah-mudahan saja peristiwa ini tak mengganggu konsentrasi belajar siswa sehingga SDN 1 Citeras tetap bisa mempertahankan prestasi,” harapnya.

kabarpriangan.com

 
 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: